PENULISAN (MEMBALAS) SURAT
PEMBACA
Oleh: Siti Marsita Adjudju dan Bondan Arianto
Sadewo
Tahukah kalian apa
itu surat pembaca? dan kenapa kita harus menulis surat pembaca? Penulisan surat
pembaca umumnya berisikan pengalaman yang tidak menyenangkan berisikan keluhan,
kekecewaan, atau kritikan. Namun, ada pula surat pembaca yang menyampaikan
pujian atau ungkapan kepuasan. Artikel ini akan membahas, pengertian surat pembaca
dan strategi merespon surat pembaca.
Surat pembaca adalah surat yang berasal dari pembaca yang biasanya dimuat oleh media cetak atau media massa online dalam suatu rubrik atau kolom khusus. Isi surat pembaca beragam mulai dari komentar atau kritik terkait pembiritaan atau tulisan yang dimuat media, sikap atau pernyataan terhadap seseorang, suatu kelompok atau pihak tertentu, hingga berkenaan dengan pengalaman pribadi terutama menyangkut permasalahan yang dianggap perlu diketahui publik seperti: keluhan terhadap layanan suatu instansi, kekecewaan terhadap suatu produk perusahaan dan beragam permasalahannya lainnya.[1] Penulisan membalas surat pembaca di dalamnya ada yang namanya stretegi merespons surat pembaca.
Strategi merespon surat pembaca 1. Menghubungi langsung pengirim surat pembaca, strategi dalam merespons surat pembaca ini diperlukan apabila menyangkut persoalan yang serius dan membutuhkan penyelesaian segera karena bila diabaikan, dampaknya akan meluas sekaligus sangat merugikan citra organisasi. Publik pembaca lebih mempercayai isi pesan dari surat pembaca yang dikirim konsumen karena akan dianggap lebih jujur dan objektif. 2. Membalas surat pembaca secara langsung, tujuan terbaik dalam membalas surat pembaca bagi PR adalah mengupayakan kedua hal tersebut: memulihkan citra baik terhadap produk atau layanan organisasi/perusahaan sekaligus berupaya memberikan solusi yang tepat sehingga memuaskan konsumen.[2]
Referensi:
[1] Sopian. Public Relation Writing.
(Jakarta : PT Grasindo,2016), hlm. 250.
[2] Sopian. Public Relation Writing.
(Jakarta : PT Grasindo,2016), hlm. 254.
Komentar
Posting Komentar